|   (ylliW)

Semasa sekolah dulu, rasanya mustahil kamu bisa dijuluki murid pintar kalau dapat ranking bontot. Apalagi kalau gak lulus Ujian Nasional, rasanya dunia selesai di titik itu. Ketatnya persaingan di sekolah mungkin memang bertujuan supaya kita berlomba-lomba jadi lebih pintar. Tapi tahukah kamu, negara dengan pendidikan terbaik dan murid terpintar di dunia yaitu Finlandia justru melakukan hal yang sebaliknya?

Berbeda dengan kita yang harus menghadapi ujian nasional tiap mau naik jenjang sekolah, seumur-umur pelajar di Finlandia hanya menghadapi 1 ujian nasional ketika mereka berumur 16 tahun. Tidak hanya minim pekerjaan rumah, pelajar di Finlandia juga mendapatkan waktu istirahat hampir 3 kali lebih lama daripada pelajar di negara lain. Namun dengan sistem yang leluasa entah bagaimana mereka justru  bisa belajar lebih baik dan jadi lebih pintar. Makanya kali ini Hipwee bakal mengulas habis rahasia Finlandia yang satu ini!

1. Di Finlandia, Anak-Anak Baru Boleh Bersekolah Setelah Berusia 7 Tahun

kids-playing-750x500

2 finl

2. Cara Belajar Ala Finlandia: 45 Menit Belajar, 15 Menit Istirahat

students-science-750x384

3 finl

3. Semua Sekolah Negeri di Finlandia Bebas Dari Biaya. Sekolah Swasta Pun Diatur Secara Ketat Agar Tetap Terjangkau

noel-750x498

4 findl

4. Semua Guru Dibiayai Pemerintah Untuk Meraih Gelar Master. Gaji Mereka Juga Termasuk Dalam Jajaran Pendapatan Paling Tinggi di Finlandia

MaxPNG-750x500

5 findl

5. Guru Dianggap Paling Tahu Bagaimana Cara Mengevaluasi Murid-Muridnya. Karena Itu, Ujian Nasional Tidaklah Perlu.

DSC_0483-750x500

6 findl

6. Siswa SD-SMP di Finlandia Cuma Sekolah 4-5 Jam/hari. Buat Siswa SMP dan SMA, Sistem Pendidikan Mereka Sudah Seperti di Bangku Kuliah

o-HAPPY-COLLEGE-STUDENTS-facebook-750x562

7 findl

7. Gak Ada Sistem Ranking di Sekolah. Finlandia Percaya Bahwa Semua Murid Itu Seharusnya Ranking 1

Graduation-Students2-750x500

8 findl

9 findl

a1AnqqR_700b

Kami menggaji guru seperti gaji Dokter,

p findl 2

p findl 1

2013-program-for-international-student-assessment-pisa

(2012-2013 Program for International Student Assessment (PISA)

pisa2012_600_387_100

Sekolah di Malasysia

 

Menteri Pendidikan dari Qatar dan Finlandia membuka Qatar-Finlandia International School di Doha, Qatar

Qatar-Finlandia International School (QFI Sekolah) menjadi tuan rumah upacara pembukaan resmi pada tanggal 5 November 2014. HE Dr. Mohammed Abdul Wahed Al Hammadi Ali, Menteri Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Qatar dan Ms. Krista Kiuru, Menteri Pendidikan, Sains dan Telekomunikasi Finlandia dihormati upacara dengan kehadiran mereka dan merayakan kemitraan pendidikan antara Amerika dari Qatar dan Finlandia.

Saya sangat terhormat dan senang untuk mengambil bagian dalam peluncuran Qatar-Finlandia International School”, menyatakan Ms. Krista Kiuru, Menteri Pendidikan Finlandia. “Berpartisipasi dalam upacara hari ini bukan merupakan kesempatan setiap hari untuk menteri, tapi yang sangat istimewa. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa Qatar dan Finlandia praktis bergabung tangan untuk memberikan pendidikan yang lebih baik dan menciptakan sesuatu yang baru. Sebagai wakil dari pemerintah Finlandia, saya senang melihat kemitraan ini dalam konteks yang lebih luas -. Sebagai tonggak penting dalam hubungan ramah dan pernah berkembang antara negara kami “

Nauhanleikkaus2

Dari kiri: Pak Juha Repo, Kepala Sekolah QFI, Mr. Matti Manninen, Rektor Universitas Jyväskylä, Ms. Fawzia Al Khater, Direktur Institut Pendidikan, Dewan Pendidikan Agung, Ms. Krista Kiuru, Menteri Pendidikan Finlandia dan HE Dr Mohammed Abdul Wahed Al Hammadi Ali, Menteri Pendidikan dan Pendidikan Tinggi Qatar.
Membawa pendidikan Finlandia terkenal di dunia ke Doha.

Pendidikan Finlandia telah berulang kali dinyatakan salah satu yang terbaik di dunia oleh penelitian peringkat global utama seperti PISA, TIMMS, dan PIRLS. Kekuatan Finlandia dalam pendidikan terdiri dari konsep sosio-konstruktivis belajar, operasional sekolah sangat baik, pelatihan guru kualitas terbukti, penilaian konstruktif dan evaluasi, dan fleksibilitas pembelajaran  level tinggi yang berpusat pada anak.

The QFI Sekolah diundang ke Qatar oleh Dewan Pendidikan Agung. Sekolah beroperasi di bawah the Outstanding Schools Programme, bagian dari reformasi pendidikan yang sedang berlangsung di Qatar, Pendidikan untuk Era Baru, di mana Negara Qatar adalah membangun sistem pendidikan kelas dunia. Hal ini dioperasikan oleh EduCluster Finlandia, subisidiary dari University of Jyväskylä.

JALA2400_0b

The QFC Authority is the commercial and strategic arm of the Qatar Financial Centre (QFC). We’ll deal rapidly with your business application for a QFC licence.​​