(YlliW)

Di era kecanggihan teknologi seperti saat ini semua pekerjaan serasa menjadi semakin mudah. Berkembang pesatnya peralatan canggih membawa solusi terhadap kompleknya masalah yang dihadapi. Salah satunya yakni peralatan canggih berikut ini.

Dilansir Oddity Central, belum lama ini muncul sebuah peralatan unik di sebuah restoran di Singapura. Guna mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja muncullah sebuah solusi inovatif yang berupa drone pelayan restoran. Sebuah robot terbang yang berfungsi mengantarkan makanan di restoran.

timbre2

Drone tersebut dirancang mampu membawa makanan dan minuman dengan berat mencapai 2 kg. Untuk mengontrol arah gerakannya menggunakan sensor infra merah yang ditempatkan di sekitar restoran.

Robot terbang itu akan mengantarkan makanan dari dapur menuju ruangan tempat makanan yang siap saji untuk segera dihidangkan. Kemudian tugas pelayan yang sebenarnya tinggal menyajikannya di meja pengunjung restoran.

drone-waiters-550x545

Dengan adanya robot canggih itu diharapkan dapat mengatasi masalah kurangnya tenaga kerja. Diketahui masalah tersebut menimbulkan dampak besar pada restoran-restoran di kota. Beberapa restoran terkenal dan warung makanan ditutup dalam beberapa bulan terakhir karena kekurangan tenaga kerja dan biaya sewa yang tinggi.

Masalah itu telah menjadi isu di Singapura sejak pemerintah melakukan pembatasan pada tenaga kerja murah dan asing untuk memperlambat imigrasi. Restoran-restoran telah lama bergantung pada tenaga kerja asing, dikarenakan para pemuda di Singapura cenderung memandang rendah pekerjaan sebagai ‘pelayan’.

Penasaran dengan drone pelayan resto itu? Lihat videonya

http://www.odditycentral.com/technology/singapore-runs-out-of-human-waiters-uses-drones-instead.html