ylliW

4-5

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998.Pernyataan misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”,dan slogan tidak resminya adalah “Don’t be evil”. Pada tahun 2006, kantor pusat Google pindah ke Mountain View, California.

google-founders-quotes-from-sergey-brin-larry-page-1-728   openingremarks15__01__630x4201

googleevil   googipo

NetBase-WSJ-Google-Policy-Analysis

10814856445_95d51d36d3_b

google itu kereen banget dah kantornya! super keren. sapa sih jaman sekarang yang gatau sama google? pasti udah pada tau semua. kantornya super besar, seperti kampus. googleplex ini terletak di 1600 Amphitheatre Parkway di Mountain View, Kabupaten Santa Clara, California, dekat San Jose. btw saya kok paling pendek sendiri ya disana. lihat….

10814869726_14581013fe_b

huu terik banget! langitnya cerah banget. saya selalu suka sama langit biru <3

10815126273_ca31f11eb8_b

welcome to Google, Inc. aaa ketemu google biasanya cuma lewat browser, akhirnya bisa ke kantornya beneran :)

Sejak didirikan, pertumbuhan perusahaan yang cepat telah menghasilkan berbagai produk, akuisisi, dan kerja sama di bidang mesin pencari inti Google. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas daring (dalam jaringan), termasuksurat elektronik (surel), paket aplikasi perkantoran, dan jejaring sosial. Produk-produk komputer mejanya meliputi aplikasi untuk menjelajah web, mengatur dan menyunting foto, dan pesan instan. Perusahaan ini memprakarsai pengembangan sistem operasi Android untuk telepon genggam dan Google Chrome OSuntuk jajaran netbook Chromebook. Google sudah beralih ke perangkat keras komunikasi.

Mereka bekerja sama dengan berbagai produsen elektronik besar untuk memproduksi perangkat Nexus-nya dan mengakuisisi Motorola Mobility pada Mei 2012. Tahun 2012, infrastruktur serat optik dipasang di Kansas City untuk memfasilitasi layanan Internet pita lebar Google Fiber.

Perusahaan ini diperkirakan mengoperasikan lebih dari satu juta server di beberapa pusat data di seluruh dunia dan memproses lebih dari satu miliar kueri pencarian] dan sekitar 24 petabita data buatan pengguna setiap harinya.[17][18][19][20]Pada bulan Desember 2012, Alexa menyebut google.com sebagai situs web paling banyak dikunjungi di dunia. Situs-situs Google dalam bahasa lain masuk peringkat 100 teratas, sebagaimana halnya situs milik Google seperti YouTube danBlogger. Google menempati peringkat kedua di basis data ekuitas merek BrandZ. Dominasi pasarnya menuai kritik mengenai hak cipta, penyensoran, dan privasi.

article-0-158CAE40000005DC-837_964x641

One of Google’s server farms in Council Bluffs, Iowa, which provides over 115,000 square feet of space for servers running services like Search and YouTube

.
article-0-158CAF3B000005DC-25_470x706 article-0-158CAF20000005DC-397_470x706
Google colour codes its servers depending on their location, while piping in the buildings is coded depending on
what it carries – with cool water in blue tubes and warm in red

.
article-2219188-158CE5A2000005DC-378_964x525
Google’s Douglas County data centre in Georgia is so large the firm provides Google branded bicycles for staff to get around on

.

article-2219188-158F25A6000005DC-656_472x244

A street view tour published by Google also reveals a hidden surprise

- A Stormtrooper standing guard over a server in Google’s North Carolina server farm

.
article-2219188-158D033F000005DC-527_964x508
Google’s server farm in Douglas County, Iowa
.
article-2219188-158CA78F000005DC-369_964x641
Denise Harwood, a Google Engineer, diagnoses an overheated CPU. For more than a decade, Google has built some of the world’s most efficient servers.

.

Sebagai sebuah perusahaan Internet, Google dianggap sebagai panutan karena skalanya yang masif. Termasuk dalam urusan sumber daya manusia. Google memiliki kebijakan yang unik terkait dengan perekrutan karyawan.

Mereka menghabiskan waktu bertahun-tahun menganalisis siapa yang sukses di perusahaan, yang mengabaikan pentingnya IPK, reputasi sekolah dan wawancara.

Dalam percakapan dengan Tom Friedman dari The New York Times, pimpinan operasional Google, Laszlo Bock, merinci hal yang dicari perusahaannya saat merekrut. Dan uniknya, kriteria akademis tidak menjadi yang utama.

CIS2g9wWwAEPk-CLaszlo Bock

450500186Tom Friedman

Mengapa Google tidak menghiraukan lulusan universitas top? Tentu saja ada alasan yang kuat mengapa mereka berbuat demikian. Dan inilah alasan tersebut yang telah mereka analisis dalam perkembangan perusahaannya dari tahun ke tahun:
Kepada media New York Time, HRD dari Google, Laszlo Bock menyatakan mengenai alasan tidak merekrut orang-orang cerdas jebolan universitas terbaik:

Graduates of top schools can lack “intellectual humility” atau Lulusan dari sekolah top memiliki kekurangan dalam kerendahan hati terhadap intelektualitas.

Hal tersebut didukung data bahwa bagi mereka yang lulus dari universitas top, biasanya selalu berhasil dalam segala hal terutama dalam akademis dan sangat jarang mengalami kegagalan sehingga tak jarang dari mereka bukan termasuk tipe pemimpin dalam sebuah bisnis.
 
Google menyatakan bahwa mereka mencari tipe orang yang memiliki kemampuan untuk mengintrospeksi dan merangkul ide-ide orang lain meskipun ide dirinya lebih baik.
Bahkan Bock mengungkapkan “Tanpa kerendahan hati anda tidak dapat belajar”, orang pintar sukses jarang mengalami kegagalan, sehingga mereka tidak belajar dari kegagalan tersebut.
.
paditawadhu
Sadar atau tidak kita sadarai kebanyakan dari kita yang sukses dalam berbisnis dan bidang lainnya adalah justru kadang mereka yang tidak melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Bock pun menyatakan bahwa, banyak sekolah yang tidak bisa memberikan janji masa depan mereka, yang ada hanyalan tumpukan utang untuk sekolah dan menjadi masalah remaja saat ini di Amerika.
Sudah tidak aneh bahwa banyak dari kita yang ber IQ tinggi tidak tentu menjadi seorang yang jauh lebih sukses dari mereka yang memiliki IQ lebih rendah. Dan itupula yang dipaparkan Bock, “Kemampuan belajar lebih penting dibandingkan IQ“.
Berhasil dalam bidang akademis bukan jaminan memperoleh suatu pekerjaan atau menjadi orang sukses, namun jiwa pembelajar dari setiap masalah dan kegagalan jauh lebih berharga. Bock melanjutkan, bahwa dalam setiap pekerjaan kemampuan kognitif memang perlu dan nomor satu namun kognitif umum bukan IQ.
 
Kemampuan untuk belajar, memproses dengan cepat, bekerja sama dalam sebuah tim, serta mengumpulkan dan memproses informasi, kemampuan untuk maju dan memimpin yang dibutuhkan saat ini.

egan McArdle berpendapat bahwa para penulis menunda “karena mereka mencetak terlalu banyak nilai A di kelas”. Demikian juga dengan lulusan kampus. Lulusan terbaik biasanya dididik untuk mengandalkan bakat mereka yang pada gilirannya menyulitkan untuk beradaptasi dalam pekerjaan.

Google lebih ingin mendapatkan orang yang mampu menerima ide-ide dari orang lain saat ide itu memang bagus, lebih dari yang mereka miliki. Itulah kerendahan hati yang Google maksud, ujar Bock.

Walaupun tidak semuanya, banyak lulusan brilian yang sangat jarang alami kegagalan dan tidak belajar bagaimana belajar dari kegagalan itu.

Mereka yang berbakat jenius biasanya, kata Bock, menunjukkan kesalahan atribusi yang mendasar karena cenderung berpikir saat ia sukses, itu karena dirinya jenius. Sementara saat gagal, ia akan menyalahkan orang lain di sekitarnya atau hal-hal lain. Di Google, Anda boleh bersikeras dan mempertahankan ide hingga titik darah penghabisan tetapi jika orang lain bisa memberi bukti faktual bahwa ada ide lain yang lebih baik, Anda harus mengakui dan mendukungnya.

Anehnya, orang-orang tanpa gelar sarjana justru bisa melakukannya dengan lebih baik. “Orang-orang yang bisa tetap sukses meski tidak mengenyam pendidikan formal adalah orang yang luar biasa dan kami harus mendapatkan orang-orang semacam itu,”Bock mengatakan.

Banyak kampus yang gagal mewujudkan janji mereka, klaim Bock. Apa yang lebih penting dari tingkat kecerdasan, gelar akademik atau ijazah dengan nilai A ialah kemampuan belajar. “Kampus cuma lingkungan belajar yang artifisial. Yang lebih penting ialah kemampuan kognitif umum seseorang, kemampuan memproses sembari bekerja, mengumpulkan banyak informasi dan mengolahnya secara terstruktur yang dapat diketahui melalui wawancara behavioral yang Google berikan,”ujarnya lagi.

Wawancara seperti itu misalnya menyuruh calon karyawan untuk memikirkan berapa banyak bola tenis yang akan bisa dimasukkan ke dalam satu lapangan tenis. Ini membuat Google mampu memprediksi kemampuan kandidat bereaksi pada masalah sulit di masa lalunya. Cara itu juga dianggap bisa menemukan orang yang sesuai definisi Google mengenai kepemimpinan.

“Ini bukan cuma bagaimana memimpin sebuah klub di sekolah atau mendapatkan gelar pemimpin yang membuat orang terkesan,”ia menjelaskan lagi,”Namun lebih pada kemampuan seseorang dalam menaiki tahap berikutnya dan menjadi pemimpin saat diperlukan.

 

simak b

SP_1d_PerhatikanBiayayangDikenakan

goog 1

goog 2

goog 3

goog 4

goog 5

goog 6

goog 7

goog 8

goog 9

goog 10

…  goog 12

 … goog 13

goog 14

goog 15

goog 16

goog 18

goog 19

goog 20

 goog 21

gaji-pegawai-google

goog 22

goog a

ILmu Padi

goog b

…  goog c

goog d

 … goog 3

goog f

goog g

mengembangkan-keahlian b

goog h

Kantin Googel

20131204-Root-line-atmosphere-Google

Kantor googel

googleplex-01

goog j

goog k

goog l

goog m

goog n

goog oo

goog p

goog q1

Humble = rendah hati

Pride = Kebanggaan / Sombong

goog r