Selasa, 26 Mei 2015 00:45 WIB (2 weeks yang lalu)Editor:  

(ylliW)

odong odong

http://profilindonesia.com/prof-dr-liartha-s-kembaren-se-sh-msi-ui-llm-phd-dba-edd-drs3-unpad-cpc.html

Prof. DR. Liartha S. Kembaren, SE, SH, MSi (UI), LLM, PhD, DBA, EdD, DR/S3 Unpad CPC
Director Asia Africa University of Berkley, USA

Duta Besar Pendidikan Internasional/Ambassador International Education
kata anak didiknya dari puluhan Kedutaan di Jakarta mulai dari Duta Besar, istri, keluarga dan Diplomatics yg terus menerus menimba ilmu dari beliau

Duta Besar Pendidikan Internasional merupakan julukan bagi profil pendidik Prof. DR. Liartha S. Kembaren, SE, SH, MSi (UI), LLM, PhD, DBA, EdD, DR/S3 Unpad CPC. Peraih gelar enam Doktor (S3) dari universitas dalam dan luar negeri ini telah mendidik keluarga Duta Besar dari berbagai negara, antara lain dari Kedutaan Besar UAE, Libya, Afghanistan, Afrika Selatan, Congo, Qatar, Nigeria, Sudan, Serbia, Laos dan Mozambique.

dr

Julukan International Ambassador Education tersebut diberikan oleh anak didiknya yang melihat kemampuan hebat dalam diri Prof. Liartha, panggilan akrab ‘Sora Surulo’ ini. Hingga saat ini, kemampuan Prof. Liarfha dalam bidang pendidikan belum ada saingannya. Hanya Prof. Liartha seorang yang memiliki lisensi untuk menyelenggarakan pendidikan bergengsi di tingkat Asia – Afrika dan Eropa, melalui lembaga yang dikelolanya. Prof. Liartha menjabat sebagai Director Asia Africa University of Berkley, USA dan bekerja sebagai Dosen Jarak – Jauh University of London, UK.lihat di websidenya americanuniversity.org.uk click faculty namanya ada di hal.4 sejajar dengan Dosen Dunia dari berbagai manca negara Eropah,Africa,Asia, dan America

CIMG1268 b

Seluruh gelar dikeluarkan dari University of Berkley, USA dan dapat dilegalisir di Kedutaan Amerika termasuk transkrip nilainya dengan biaya US$30 per satu copy kemudian juga dilegalisir di Deparlu. Ini merupakan persyaratan yang diperlukan oleh para corps diplomatic dari kedutaan, sehingga membanjiri LMII untuk mendapatkan gelar internasional tersebut. Kini sedang kuliah di LMII counselor Kedutaan Sudan, Second Secretary Kedutaan Libya, famili dari Kedutaan Iraq, Marocco, Admin. Staff UNICEF, putri Duta Besar Ambassador Afrika Selatan beserta Second Secretary-nya, Pengusaha UAE, putra Kedutaan Uzbekistan, famili Kedutaan Serbia, Second Secretary Kedutaan Afghanistan, staf Kedutaan Cambodia, Duta Besar Timor Leste dan Presenter Indosiar TV.

CIMG1072 b

Menurut Prof. Liartha, alumni LMII yang telah menyelesaikan kuliah PhD yaitu Duta Besar UAE (telah kembali ke Dubai), Nyonya Duta Besar Libya beserta putrinya yang telah kembali ke Libya. Peserta mayoritas lainnya berasal dari Keluarga India dan Chinese, karena mereka sadar pentingnya ilmu dengan pengetahuan berbahasa Inggris memonopoli dunia bisnis dimanapun berada.

liartha2

Sejarah singkat pendidikan Prof. Liartha adalah sebagai berikut:
Dalam negeri: Meraih gelar SE (S1) dari FE USU Medan, gelar MSi (S2) dari UI dan gelar DR (S3) dari Unpad.
Luar negeri:
1. Lulus BSc (1988), MSc (1990) dan PhD (1993) dari Kennedy Western University
2. Lulus PhD dari Pacific Western University USA 1997
3. Lulus DBA dari LA SALLE UNIVERSITY 1998
4. Lulus EdD (DOCTOR PENDIDIKAN) dari Trinity College & University 1999
5. Lulus PhD dari Univresity of Berkley  2000
6. Lulus S3/DR Unpad Bandung 2009  22/11/2009

Pekerjaan Prof. Liartha -sewaktu mengambil kuliah di luar negeri adalah dengan belajar sistem jarak jauh melalui internet- adalah Director Asia Africa University of Berkley, USA, (website: www.berkley-u.edu) dan

Berkley

Dosen Jarak Jauh University of London, UK ONDON, UK (website www.americanuniversity.org.uk).

Oleh karena itu, hingga sekarang pun internet tidak pernah lepas dari kehidupannya dan beliau melayani yg berminat pendidikan internasional 24 jam di internetnya lmii@indo.net.id

—————————————————————————————————————————————————

405306_620

Prof. DR. Liartha S. Kembaren, SE, SH, MSi (UI), LLM, PhD, DBA, EdD, DR/S3 Unpad CPC

Perbedaan University of Berkley Michigan America dan Universitas California, Berkeley

1)  University of Berkley Michigan America     (Website :   http://www.berkley-u.edu)

Berkley 2

Berkley 3

Berkley 4

CIMG0616 b

 

2)  Universitas California, Berkeley   (Website :   http://www.berkeley.edu)

logo-ucberkeley

PYLm0WLO

Ringkasan

University of California resmi berdiri pada tahun 1868 dengan kampus unggulan dibangun di Berkeley, di San Fransisco Bay. Sebuah universitas negeri yang memiliki 35.409 mahasiswa. Program yang ditawarkan antara lain program sarjana, master, profesional dan doktoral. Perkuliahan diselenggarakan di fakultas dan sekolah-sekolah, diantaranya Kimia, Teknik, Desain Lingkungan, Sastra dan Sains, Sumber Daya Manusia, Pendidikan, Jurnalisme, Bisnis, Kebijakan Publik, Informasi, Hukum, Optometri, Kesehatan Masyarakat, dan Kesejahteraan Sosial.
 .
Alamat utama

BERKELEY,
California,
United States,
94720

Universitas California, Berkeley (juga dikenal sebagai Cal, UC Berkeley, The University of California, atau Berkeley) adalah sebuah universitas publik yang terletak di timur Teluk San Francisco di Berkeley, California, Amerika Serikat, mengarah ke Golden Gate. Kampus tertua dan “flagship” dari Sistem Universitas California, Berkeley merupakan pemimpin universitas riset. Program “induk”-nya dan profesor-profesornya terus-menerus berada di urutan atas di dunia.

Didirikan pada 1868, Berkeley menikmati zaman emas ilmu fisika, kimia, dan biologi pada awal 1900-an, memimpin pengembangan cyclotron pertama oleh Ernest O. Lawrence, isolasi virus polio manusia, dan penemuan banyak unsur kimia, termasuk plutonium, berkelium, dan californium. Penghargaan Nobel telah diberikan kepada 19 profesornya yang masih aktif sekarang dan pada masa lalu kepada 53 orang yang berhubungan dengan universitas ini.

Pada 1960-an kampus ini terkenal ke seluruh dunia dengan lahirnya Gerakan Kebebasan Berbicara dari protes para murid menentang keterlibatan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam, secara nyata menjadi bagian Amerika pada 1960-an. Perkembangan berikut termasuk beberapa teknologi kunci berhubungan dengan perkembangan internet, BSD Unix, dan Gerakan Sumber Perangkat lunak Terbuka.

Berkeley unix

uc-berkeley (1)

Universitas California, Berkeley

uc-berkeley

Universitas California, Berkeley di dekat pantai

Berkeley Cal 2

Peta Universitas California, Berkeley

.

Posted on

dsc09360_snapseed

Saya tetap memposting tulisan ini agar pembaca memperoleh gambaran sekilas mengenai prosesi wisuda di UC Berkeley. Semoga pembaca memperoleh manfaat dari sharing saya mengenai peristiwa ini.

Hari H

Belajar dari pengalaman sehari sebelumnya mengikuti prosesi wisuda General Commencement, kamipun tidak lagi tergesa-gesa seperti hari sebelumnya. Santaii. Sudah percaya diri critanya. Kami bangun pagi dengan santai, berganti pakaian tanpa bingung dress code lagi, menyiapkan segala sesuatu dengan tenang dan kemudian berangkat.

Namun apa yang terjadi? Weleh…welehh…ternyata yang antrian di Greek Theatre sudah rame dan panjang banget. Kecelik lagi deh, asem tenan :). Saya sampai deg2an tidak kebagian tempat duduk yang prima. Padahal ketika itu saya belum juga sempat membelikan karangan bunga buat anak saya, yang rupanya sudah menjadi tradisi disana untuk mengalungkan bunga ke Raja Sehari waktu itu :).

Setelah menyempatkan diri dengan tergesa-gesa membeli bunga, saya mulai mengantri dengan harap-harap cemas masih bisa memilih tempat duduk yang baik. Catatan penting: buat bapa/ibu, om/tante, kakak2 jangan lupa ya, ini penting sekali bagi yang berbahagia hari itu, selain bunga ada juga yang membelikan balon gas bertuliskan Congratulation atau Graduation dll, atau ada juga kalung manik2, macem2 deh.

Begini nih suasana ketika saya tiba di Greek Theater

DSC09293

Segera begitu melalui proses pemeriksaan tiket dan barang bawaan, saya segera naik tangga batu sambil berdesak-desakan dengan orang tua lain. Sambil berjalan cepat, saya berdoa dalam hati semoga masih dapat tempat yang baik. Di depan saya para orang tua, sanak keluarga dan juga teman dari para wisudawan berduyun-duyun bergegas memasuki area Greek Theater yang berbentuk setengah lingkaran seperti Theater jaman Romawi dulu, mungkin itulah sebabnya disebut Greek Theater.

Begitu saya masuk ke dalam Theater, saya baru bisa bernafas lega karena meskipun sudah terisi hampir separuh, masih banyak tempat lain yang tersedia untuk dijadikan markas. Fiuhhh…untung…

Saya segera meletakkan tas kamera dan semua perangkat yang saya bawa, dan menitipkan ke anak saya, Calvin, untuk saya tinggal memotret suasana sekitar lokasi acara. Kira2 begini suasana sebelum acara dimulai:

1

Tidak begitu lama, ketika saya berkeliling jeprat sana sini, tempat duduk Greek Theater dengan cepat sudah terisi penuh. Wisudawan mulai memasuki ruangan dari kiri dan kanan podium, kemudian mengisi tempat duduk yang telah disediakan. Menyusul kemudian para faculty member dan wisudawan berprestasi menempati tempat duduk di podium.

Screen Shot 2013-08-18 at 9.32.34 AM

Screen Shot 2013-08-21 at 7.42.16 AM

Begitu memasuki Greek Theater mereka dengan wajah sumringah berdiri mencari-cari keluarganya di antara kerumunan penonton yang sudah memenuhi tempat duduk. Beberapa yang ahirnya menemukan keluarganya melambai-lambaikan tangan atau berteriak-teriak kegirangan.

Pengunjung juga tidak kalah hebohnya meneriaki anak/adik/kakaknya dengan teriakan mirip seperti nonton bola :). Mereka saling memotret, anak2 memotret ortunya, ortunya juga memotret anak2 mereka :). Hebohhh….

Screen Shot 2013-08-18 at 9.36.10 AM

Suasana mulai agak tenang begitu Marshall acara Prof. Randy H. Katz mulai membuka acara. Beliau mengucapkan selamat pagi dan berbasa-basi sebentar, ketika beliau memberikan salam ke wisudawan dengan mengatakan “Berkeley Engineers are the BEST in the world”, sontak seluruh gedung Theater gemuruh dengan tepuk tangan dan teriakan2 :). Beliau melanjutkan bahwa acara wisuda kali ini dibroadcast secara live melalui internet, sehingga seluruh dunia bisa ikut menyaksikan acara itu tanpa harus meninggalkan tempat duduknya.

Prof. Randy H. Katz

Screen Shot 2013-08-18 at 9.43.00 AM

Beliau kemudian, meminta seluruh hadirin berdiri, dan juga meminta seluruh wisudawan melepaskan topi untuk bersama-sama menyanyikan US National Anthem yang dibawakan oleh University Chamber Chorus dari UC Berkeley Department of Music.

University Chamber Chorus dari UC Berkeley Department of Music

Screen Shot 2013-08-18 at 9.27.57 AM

Seusai menyanyikan lagu kebangsaan Amerika, Prof Katz melanjutkan pembukaannya dengan mengatakan bahwa wisuda kali ini adalah merupakan wisuda ke 144 kalinya. Seratus empat puluh empat kali….luar biasa ya…. Jika sekali wisuda diluluskan rata2 500 sarjana, maka selama ini UC Berkeley telah melepaskan 72.000 Sarjana kelas dunia ke seluruh jagad raya.

Dean of College of Engineering, S. Shankar Sastry

Screen Shot 2013-08-18 at 10.46.15 AM

Beliau mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang kebanyakan orang tua murid, atas “Money, care packages and your love and encouragement” yang telah mereka berikan ke anak2 sehingga mereka bisa berada di tempat itu.

Beliau kemudian memperkenalkan Ajay Bawa yang memiliki segudang prestasi, sebagai Graduating Senior dari Industrial Engineering & Operations Researchuntuk membawakan speechnya. Ajay membawakan speechnya dengan sangat percaya diri, menggunakan kata2 yang berbunga-bunga, mengingatkan saya akan salesman yang sedang menawarkan productnya dengan kata2 indah, namun sebagian besar tanpa arti. Demikian juga halnya pidatonya yang indah itu, saya kok tidak menangkap makna yang ingin disampaikannya, atau sayanya yang bodoh ya :). Kemungkinan besar yang terakhir ini hahaha…

Ajay Bawa, Graduating Senior dari Industrial Engineering & Operations Research

Screen Shot 2013-08-18 at 10.49.08 AM

Berikutnya Dean Sastry memperkenal Keynote Speaker of Commencement 2013, yaitu C. Daniel Mote Jr., B.S.’59, M.S.’60, Ph.D.’63, President-elect, National Academy of Engineering, Past President and Regents Professor, University of Maryland.

C. Daniel Mote Jr.

Screen Shot 2013-08-18 at 2.22.44 PM

Pidato beliau adalah pidato yang paling menarik dalam dua hari keseluruhan acara wisuda di Berkeley ini. Saya akan mempost secara terpisah pidato beliau karena menurut saya pidatonya pantas untuk dijadikan bahan renungan bagi kita semua.

Acara kemudian dilanjutkan oleh persembahan dari Class 2013, berupa dana hasil sumbangan dari para senior yang dikumpulkan oleh Senior Gift Committeedalam jumlah $76,094 USD:

Screen Shot 2013-08-18 at 2.33.50 PMScreen Shot 2013-08-18 at 2.35.03 PM

Dean Sastry melanjutkan acara dengan pengumuman atas beberapa mahasiswa berprestasi dari berbagai disiplin ilmu termasuk mahasiswa lulusan paling muda dalam 100 tahun terakhir Berkeley, yaitu Ritankar Dash yang juga memperoleh penghargaan pada acara wisuda di Stadium hari sebelumnya.

Pada wisuda kali ini secara total terdapat 700 sarjana muda yang berasal dari 7 Department yaitu: Bioengineering (BioE), Civil and Environmental Engineering (CEE), Electrical Engineering and Computer Science (EECS), Industrial Engineering & Operations Research (IEOR), Materials Science & Engineering (MSE), Mechanical Engineering (ME) and Nuclear Engineering (NE).

Setelah mengumumkan siswa2 berprestasi, Dean Sastry mempersilakan seluruh wisudawan berdiri, kemudian menghadap ke pengunjung untuk mengenali keluarga dan teman “Who walk with you on your journey, their emotion and financial support, as help make this education possible”.

Seluruh wisudawan berdiri, mencari2 keluarga dan teman2nya diantara pengunjung lain, sementara seluruh pengunjung yang terdiri atas sanak keluarga dan teman bertepuk tangan dan bersuit-suit tak henti2.

Screen Shot 2013-08-18 at 2.58.14 PM

Marshall Ceremony, Prof. Katz, kemudian mengambil alih acara dan kembali mengundang Dean Sastry untuk meneguhkan wisudawan yang selama acara berlangsung ternyata masih dianggap sebagai candidate.

Pertama-tama dipanggil wisudawan dengan degree Bachelor of Art kemudian diikuti oleh Bachelor of Science. Dean Sastry meneguhkan mereka dengan mengucapkan:”In my authority as a Dean of College of Engineering – University California Berkeley, I grant you a degree of Bachelor of Art / Science.”

Kemudian Dean Sastry mengundang seluruh wisudawan memindahkan tassel,seuntai tali di toga (baca tulisan saya sebelumnya mengenai hal ini) dari kanan ke kiri. Jadi pemidahan tassel dilakukan sendiri oleh wisudawan dan secara beramai-ramai di tempat masing2, tidak seperti dulu yang saya alami, dilakukan oleh pemimpin upacara (dekan/rector) pada saat berada di mimbar.

IMG_0572

Dengan demikian secara simbolik resmilah mereka berubah status daricandidate graduate menjadi graduate students. Seluruh wisudawan dan pengunjung bertepuk tangan dengan gembira. Lengkap sudah perjuangan mereka selama 4 tahun bertempur menyelesaikan seluruh tugas dan test, berkompetisi, berjuang memperoleh yang terbaik, untuk memulai suatu lembaran baru di dalam hidup mereka.

Acara terakhir, yang juga merupakan puncak acara, adalah penyerahan sertifikat sementara. Setiap wisudawan dari masing2 department berturut-turut dipanggil satu persatu ke mimbar. Sama seperti pada wisudawan tingkat Universitas, mereka menyerahkan kertas yang berisi cara membaca nama mereka, kemudian diumumkan, dan diberikan sertifikat sementara.

—————————————————————————————————————————————————

P1120944

Jasa sewa odong – odong

P1120955

Hanya Rp. 4000 rupiah saja Mas Mbak odong odongnya , murah meriah buruan siapa cepat dia dapat naik odong -odong

P1120989

Balapan kereta kencana odong – odong( super car 110cc)

  odong

 Odong Odong Itulah Nama Permainan Anak Anak Negri Ini
.
odong 3
odong 4
 .
 odong 2